SELAMAT DATANG

DI MY BLOG

Rabu, 19 September 2012

Resume 1



Resume Profesi Pendidikan

Assalamualaikum Wr.Wb

Pada hari kamis, tanggal 13 September 2012 kami mengikuti pelajaran Profesi Kependidikan yang diajarkan oleh Bapak Amril Muhammad, S.E, M.Pd. Pada awal perkuliahan kami  disuruh membuat biodata yang berisi  nama, asal sekolah dan no Hp, setelah kami semua sudah mengumpulkan biodata tersebut kami pun ditanya satu persatu dimana lokasi SMA kami. Setelah itu, Pak Amril memberitahu tata tertib  saat mengikuti pelajaran profesi kependidikan . Pak Amril menjelaskan kami tidak boleh telat  masuk kelas, kalau telat dan pak amril sudah ada didalam kelas kami tidak boleh mengikuti pelajarannya. Saat mengikuti pelajaran kami harus memakai pakaian rapi,  tidak boleh mengenakan baju kaos, pakai sepatu, tapi boleh memakai celana jeans. Tapi saat presentasi kami harus memakai pakaian formal.

Materi pertama yang dijelaskan pak Amril  tentang Profesi kependidikan, yaitu profesional, profesionalisme dan profesor. Profesional adalah orang yang hebat disuatu bidang tersebut dan memiliki ilmu (knowledge dan skill), profesional dijadikan sumber pencaharian, full time, self development, dan mempunyai etika.Profesionalisme adalah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu, dan lain-lain) yang dilakukan oleh seorang profesional. Dan Profesor adalah yang sudah mendapat gelar S3 dan sudah mematenkan suatu penemuan.

Profesi Kependidikan dibagi menjadi dua, yaitu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Pendidikan adalah oarng yang berhadapan atau berinteraksi langsung dengan peserta didik untuk menyampaikan materi, contohnya adalah guru, ustad, dosen dan tutor. Sedangkan Tenaga Kependidikan adalah orang yang mendukung proses pembelajaran menjadi efektif, contohnya adalah administrasi, TU, laboran, pustakawan, dan lain – lain. Seseorang yang profesional mempunyai ilmu seperti : faktual, konseptual, prosedural, metakognisi. Faktual adalah makna yang berbeda – beda, konseptual adalah sesuatu yang telah terkonsep, prosedural adalah langkah –langkah untuk menyelesaikan pekerjaan, dan metakognisi adalah memikirkan kembali apa yang telah dipikirkan.

Pak Amril juga menjelaskan tentang tugas guru yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Eksplorasi adalah memperdalam ilmu yang telah ada. Elaborasi adalah yang telah diuraikan menjadi kecil – kecil agar yang diajarkan dapat terserap dengan mudah. Konfirmasi adalah menjaga agar tidak terjadi kesalahpahaman tentang ilmu yang telah disampaikan. Jadi, para pendidik harus mengajarkan ilmu yang mereka miliki agar dapat bermanfaat.

            Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar