STANDARISASI PENILAIAN PENDIDIKAN
Pada tanggal 6 desember 2012 kelompok
5 mempresentasikan tentang “Standarisasi penilaian pendidikan”.
Standar penilaian pendidikan adalah standar
nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta
didik. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi
untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
TEKNIK
DAN INSTRUMEN PENILAIAN
Penilaian hasil belajar oleh
pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi, penugasan
perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik
kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik.
Jenis-jenis teknik
yang dilakukan antara lain:
Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi
persyaratan, yaitu :
a) substansi, adalah merepresentasikan kompetensi yang
dinilai
b) konstruksi, adalah memenuhi persyaratan teknis sesuai
dengan bentuk instrumen yang digunakan
c) bahasa, adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar
serta komunikatif sesuai dengan taraf
perkembangan peserta didik.
MEKANISME
PENILAIAN
- Penilaian hasil belajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakanoleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah.
- Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Melaksanakan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas dilakukan oleh pendidik di bawah koordinasi satuan pendidikan.
- Penilaian akhir hasil belajar oleh satuan pendidikan
- Melaksanakan kegiatan ujian
- Melakukan penilaian akhlak mulia, kepribadian, dan penilaian mata pelajaran muatan lokal
- Keikutsertaan dalam kegiatan pengembangan diri
- Menginformasikan hasil penilaian kepada peserta didik
EVALUASI
PENDIDIKAN
evaluasi adalah pemberian
nilai terhadap kualitas sesuatu. Selain dari itu, evaluasi juga dapat dipandang
sebagai proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat
diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Dengan demikian,
Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat
keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran
FUNGSI
EVALUASI PENDIDIKAN
- Fungsi evaluasi pendidikan dalam kaitannya dengan pengambilan keputusan sebagai penyedia informasi
- Fungsi perbaikan, merupakan salah satu benang merah yang terabaikan selama ini. Para pengambil kebijakan lebih banyak melihat kondisi momentum hasil evaluasi dari hasil belajar. Fungsi pengendalian proses dan mutu pendidikan.
- Fungsi pengambilan keputusan yang berkaitan dengan peserta didik. Berdasarkan hasil evaluasi pendidikan dimungkinkan memberikan berbagai keputusan yang tepat kepada peserta didik.
- Fungsi Akuntabilitas Publik.
- Fungsi Regulasi Administratif tentang sekolah.
OBJEK
EVALUASI
Untuk
dapat mengenal objek evaluasi secara cermat kita perlu memusatkan perhatian
kita pada aspek–aspek yang bersangkut dengan keseluruhan kegiatan belajar mengajar, Untuk itu kita perlu mengenal model transformasi proses
pendidikan formal disekolah. Dalam proses trasformasi ini evaluasi dilakukan
sebelum, selama dan sesudah terjadi proses dalam kegiatan sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar