SELAMAT DATANG

DI MY BLOG

Senin, 08 Oktober 2012

Resume ke-2 Profesi Kependidikan



 Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI+BI)

Pada hari kamis, tanggal 4 Oktober 2011, Pak Amril membahas tentang Cerdas Istimewa Bakat Istimewa. Ada beberapa siswa yang dipanggil secara acak dan ditanya tentang tugas yang diberikan minggu lalu.

Lalu dosen menjelaskan tentang anak CI+BI. Anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa dalam bahasa inggris disebut  gifted - talented. Anak CI+BI dibagi beberapa kelompok berdasarkan tes IQ, diantaranya :
1) Sangat superior, nilai IQ : 130 - 145,
2) Superior, nilai IQ : 115 - 130,
3) Normal, nilai IQ : 100 - 115,
4) Slow learner, nilai IQ : 85 - 100,
5) Tuna grahita ringan, nilai IQ : 70 - 85,
6) Tuna grahita sedang, nilai IQ : 55 - 70, dan
7) Tuna grahita berat, nilai IQ dibawah 55.

Anak CI+BI memiliki kemampuan bawaan berupa potensi yang memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis. Serta pelajaran yang diberikan harus tepat. Anak CI+BI dipengaruhi  oleh : 1) Genetik (Nature) : dipengaruhi gen kedua orang tuanya yang turun keanaknya. 2) Lingkungan (Narture) : dipengaruhi kreativitas dan task commitment.

            Anak CI+BI mengalami kondisi disinkronitas / asinkronita disebabkan oleh pengembangan fisik dan psikis, pengembangan mental dan umur kronologisnya. Makin tinggi skor IQ, makin tidak sinkron dengan sosial emosionalnya. Maka perlu dibangun task commitment, yang mencakup kemampuan mengubah motivasi menjadi tindakan, seperti : ketekunan, daya tahan, kerja keras, rasa percaya diri dan daya tarik khusus dengan topik tertentu.

Ragam kemampuan manusia, yaitu :
1) Intellectual Abilities
Mencakup kemampuan umum ( seperti : pengolahan informasi, mengintegrasikan pengalaman ) dan kemampuan khusus

2) Creativity Abilities
Kelancaran, fleksibilitas dan keaslian pemikiran serta keterbukaan terhadap pengalaman, kepekaan terhadap rangsangan dan kemauan untuk mengambil resiko

3) Sosial Competence
Ketempilan melibatkan respons terutama kemampuan untuk mendapatkan tanggapan positif dari orang lain. Fleksibilitas termasuk kemampuan untuk bergerak bolak - balik antara budaya primer dan budaya yang dominan, dan empati, peduli, kemampuan komunikasi dan rasa humor.

4) Musikalitas
Kepekaan terhadap sesuatu dan pengetahuan bakat seseorang terhadap musik

5) Artistic
Mampu menciptakan sesuatu yang indah dari sesuatu benda

6) Practical Intelligence
Kemampuan individu untuk menemukan hal - hal yang paling cocok buat mereka dan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar